Bakteri Vagina Cegah Penularan HIV Pada Wanita

Bakteri Baik Dalam Vagina Bisa Mencegah HIV Pada Wanita

bakteri vagina mencegah hiv pada wanita

Menurut laporan WHO tahun 2014, setidaknya ada sekitar 36,9 juta orang di dunia yang mengidap HIV. Hingga kini, HIV dianggap sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Meski begitu, penularan HIV bisa dicegah. Beberapa waktu lalu, sebuah penelitian menyatakan bahwa bakteri baik yang bersemayam dalam vagina bisa mencegah HIV pada wanita. Benarkah demikian?

Memahami bagaimana seseorang bisa tertular HIV

Cara penularan HIV sampai saat ini masih sering dikaitkan dengan perilaku seks bebas dan penggunaan jarum suntik narkoba secara bergantian.

Walau jarang terjadi, virus juga dapat ditularkan melalui:

  • Darah yang terinfeksi dari luka pada mulut dan gusi berdarah, seperti melalui berciuman dengan menggigit hingga terluka.
  • Jarum dan benda yang menembus kulit yang terkontaminasi HIV, terutama luka bekas jarum pada lingkup medis resmi (seperti di rumah sakit)
  • Cangkok organ dan transfusi darah
  • Ibu yang terinfeksi dengan HIV dapat menularkan virus ke bayi (sebelum atau saat persalinan) dan selama menyusui.
  •  Sulam alistato alis, sulam bibir, tato tubuh, dan tindik yang dilakukan bukan dengan teknisi profesional (tidak menggunakan jarum steril).

Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh Anda, dengan menyerang dan membunuh sel CD4 dalam tubuh. Sel CD4 adalah jenis sel darah putih yang berperan penting untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Virus HIV yang tidak ditangani dengan baik menyebabkan pengidap HIV terkena Acquired Immune Deficiency Syndrome, alias AIDS.

Bakteri baik dalam vagina bisa mencegah HIV pada wanita

Sebuah penelitian yang berasal dari University of Washington dan University of Rochester Medical Center mengamati populasi bakteri dalam vagina 57 partisipan wanita yang telah didiagnosis positif HIV. Sampel bakteri didapat dengan mengusap dinding dalam vagina, layaknya tes pap smear.

Peneliti juga melacak viral load HIV (berapa banyak jumlah virus) di vagina, serta keberadaan virus penyebab penyakit menular seksual lainnya seperti trikomoniasis, gonore dan klamidia.

Peneliti menemukan bahwa wanita dengan populasi bakteri baik terbanyak dalam vaginanya, memiliki kadar virus HIV yang lebih rendah dalam sampel cairan vagina mereka. Semakin banyak populasi bakteri baik dalam vagina, yang dikenal dengan nama Lactobacillus, hal ini dipercaya bisa membantu mengurangi jumlah virus HIV pada sampel jaringan vagina yang telah terinfeksi HIV sebelumnya.

Kenapa begitu?

Bakteri baik dalam vagina diketahui menghasilkan hidrogen peroksida yang bekerja menghalangi virus. Peneliti menduga bahwa efek inilah yang membuat virus HIV semakin sulit menyebar di dalam tubuh, dan lama kelamaan bisa menghambat pertumbuhannya.

Terlebih, semakin rendah kadar viral load HIV yang bersemayam di jaringan vagina semakin kecil kemungkinan virus tersebut akan menyebar melalui kontak seksual.

Meski begitu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk menguatkan temuan ini. Pasalnya, studi di atas masih dalam lingkup kecil dan dilakukan hanya berdasarkan sampel jaringan terkontrol di laboratorium.

Cara yang paling efektif untuk mencegah HIV

Walau studi di atas masih bersifat sangat terbatas, Jane Hitti, M.D., peneliti dan spesialis Obgyn (SpOG) asal University of Washington School of Medicine menegaskan bahwa temuan ini tetap menekankan betapa pentingnya bagi setiap wanita untuk selalu menjaga kesehatan vagina, bahkan pada wanita yang positif terkena HIV sekalipun.

Sampai saat ini, cara terbaik untuk mencegah penularan HIV adalah melakukan hubungan seks aman, salah satunya dengan memakai kondom. Gunakan kondom berbahan lateks atau poliuretan, yang terbukti sangat ampuh untuk mencegah penyebaran HIV. Pastikan juga untuk selalu gunakan kondom baru tiap melakukan hubungan seks jenis apapun. Artinya, satu kondom tidak bisa dipakai dua kali untuk dua babak seks berurutan.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah tidak/berhenti mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Zat-zat tersebut memengaruhi logika Anda dan membuat Anda cenderung mengambil keputusan yang buruk atau berada di situasi di mana Anda tidak memiliki kendali penuh atas kesadaran diri.

Baca Juga:

 

Bakteri Vagina Cegah Penularan HIV Pada Wanita
Cara Memperbesar Penis

Bakteri Vagina Cegah Penularan HIV Pada Wanita

Untuk Pemesanan Hubungi Kami :

Hp. / WA : 0813 9894 6669 – 0878 0455 2555

infonovaherbal@gmail.com

www.novaherbal.com

https://plus.google.com/u/0/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: